Visi, Misi, dan Tujuan
VISI, MISI, TUJUAN, DAN SASARAN
VISI :
“Menjadi Program Magister Pendidikan Bahasa Arab yang Unggul, Moderat, Ber- ISI (Intellectuality, Spirituality, Integrity), Berwawasan Digital dan Lingkungan, serta Berdaya Saing Internasional Tahun 2035″.
MISI :
1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berkualitas dalam bidang pendidikan bahasa Arab.
2.Melakukan penelitian yang inovatif dan relevan dengan perkembangan ilmu pendidikan bahasa Arab.
3.Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang bermanfaat dan berkelanjutan.
4.Meningkatkan kerjasama dengan berbagai pihak, baik di tingkat lokal maupun internasional, untuk mendukung tridarma perguruan tinggi.
TUJUAN :
1.Menghasilkan lulusan yang unggul, berakhlak mulia, profesional, dan kompetitif di dunia global.
2.Mengembangkan ilmu pengetahuan yang inovatif melalui riset yang terintegrasi dengan pendidikan dan pengajaran serta pengabdian kepada masyarakat.
3.Mempublikasikan hasil penelitian dalam bidang pengajaran dan pengabdian kepada masyarakat.
4.Melaksanakan diseminasi hasil penelitian dalam pengabdian kepada masyarakat.
5.Menjalin kerjasama dengan berbagai pihak terkait, baik secara lokal maupun global, dalam pelaksanaan tridarma perguruan tinggi.
SASARAN :
Sasaran Dan Strategi Pencapaian
No | Sasaran | Strategi Pencapaian | ||||||
2017-2022 | 2022 – 2027 | 2027 – 2032 | 2032-2037 | |||||
1 | Bidang Kurikulum:Penyesuaian kurikulum dengan kebutuhan stake holders dan tuntutan peraturan yang berlaku | Melakukan penyempurnaankurikulum dan penyusunan silabus Program Studi S2 PBA sesuai Perkembanganilmudanperaturan yangberlaku. | 1. Meningkatkan mutu implementasikurikulum melalui review denganmelibatkan berbagai stakeholder dan asosiasi Program Studi Studi dalam pemutakhiran kurikulum. | 1. Evaluasi dan pengembangan Kurikulum PBAMelibatkan berbagai stakeholder dan alumni untuk pemutakhiran dan peningkatan relevansi kurikulum baik internal dan eksternal. | 2. Memiliki dokumen Kurikulum yang lengkap, update, dan sesuai perkembangan.3. Mutu implementasi terukur dan sesuai standar pendidikan Tinggi. | |||
2 | Pengembangan SDM Dosen dan tendik:menambah kuantitas dosen PNS bidang Pendidikan Bahasa Arab | Pengajuan Rekruitmentdosen bergelar Doktor S3 Pendidikan Bahasa Arab dalam rangkamemenuhi rasio ideal antara dosen | Mendorong dosen untukmeningkatkankompetensikeilmuan melalui penelitian dan pengajuan profesor | Melakukan Peningkatan mutu sistem rekrutmen tenaga pendidik (Dosen) dan tenaga kependidikan prodi sejak tahun 2018 – 2025; | Semua SDM yang Relevan dengan prodi.Memilik Dosen Profesor minimal 4 orang. | |||
3 | Sarana danPrasarana:a.Sarana dan
prasarana:ruang kuliah, ruang dosen, ruang admintrasi Prodi, buku-buku dan jurnal, dan pusat layanan lainnya |
Penyediaan sarana kelas berupa LCD dan AC ruang Belajar, sarana ruang Prodi dan pengadaan buku perpustakaan untuk mahasiswa S2 PBA | Membangun pusat layanan Pusat layanan pendidikan dengan menggunakan teknologi e-learning pada dimulai paling lamabat pada tahun 2020 untuk mewujudkan akses akademik yang terbuka.1) Membangun pusat layanan profesi dan publikasi ilmiyah bagi calon lulusan. | Mengembangkanpusat layananbimbingan Karir dan Bursa kerja, terutama bagi fresh graduation S2 PBA yang belum bekerja.Memiliki Kelas model PBA berbasis multi Media | Memiliki unit produksi bahan ajar dan media pembelajaran Bahasa Arab berbasis ICT | |||
4 | Akademik :Terwujudnya layanan akademik bermutu, efisien dan terwujudnya lulusan tepat waktu dengan memiliki komptensi yang diharapkan. | Peningkatan mutu proses perkuliahan dan layanan akademik untuk mengcapai mutu lulusan yang diharapkan | 1) Melatihmahasiswadengan keahlian menyusun bahan ajar bahasa Arab.2) Meningkatkan keterampilan menterjemah bagi mahasiswa3) Melaksanakan pembimbingan penulisan karya ilmiah intensif oleh promotor terjadwal dan kolektif. | 1) Menjamin mutu layanan akademik untuk menciptakan mutu lulusan yang sesuai target capaian kompetensi lulusan. | Memberi layanan program double degreeBagi mahasiswa yang berkemampuan tinggi ke Universitas di luar negeri yang relevan. | |||
5 | Terwujudnya layanan akademik secara baik bagi mahasiswa secara baik. | Pembentukan bidang-bidang layanan akademik penjaminan mutu dan pengembang kurikulum PBA | Realisasi pelayanan akademik dan jaminan mutu lulusan mahasiswa | Meningkatkan mutu layanan akademik dan jaminan mutu | ||||
6 | Panduan penulisan Thesis berbahasaArab, manual mutu, SOP, dokumen monev, dan instrumen analisis kebutuhanstakeholders) | Penyusunan dokumen penjaminan mutu prodi secara terintegrasi dan bersama dengan prodi lain. | Melakukan Audit mutu Internal secara priodik
Terus mengembangkan instrumen moneva, Renstra Prodi, ,SOP akademik agar sesuai dengan kebutuhan dan kondisi. |
Terus meninjau kepatuhan mutu prodi melalui Audit internal secara berkelanjutan | Terwujudnya mutu prodi setara dengan audit internasional | |||
7 | Terwujudnya jaringan Kerjasama dengan berbagai pihak | 1) Telah terwujud kerjasa antara Prodi PBA S2 dengan Pimpinan Pusat IMLA dan MTS.N I Tanggamus sebagai mitra dan madrasah binaan bidang pembinaan , pengembangan dan implemetasi Kurikulum.
2) Direncanakan terjalin Kerjasama dengan Pimpinan ISESCO di Malaysia. |
1) Terwujudnya Kerjasama dengan Pimpinan ISESCO di Malaysia dan terlaksananya MOA bidang kegiatan orasi ilmiah dan partisipasi dalam forum ilmiah oleh sebagian Dosen PBA dalam kegiatan yg diselenggarakan ISESCO.
2) Melakukan kerjasama kemitraan pembinaan pembelajaran bahasa Arab dengan prodi S1 di seluruh Fakultas di UIN Raden Intan dan Perguruan lain. |
Memperluas jaringan kerja dengan pihak lainnya dalam bentuk hubungan saling menguntungkan dan tidak mengikat dari sisi finansial | Melakukan perluasan kerjasama dengan berbagai lembaga terkait di luar negeri untuk endukung publikasi ilmiah dosen dan layanan program double degree bagi mahasiswa berprestasi |
Komentar Terbaru